[Blog & Book] Amazing Fay

by - February 27, 2016


Warning : Review here sometimes reflect the writer (a.k.a subjective) because every human have different "taste".
And sorry for all grammatical mistake :(
(all of psychological word describe in #psychopedia)



Publisher       : Lintas Kata
Release Date : August 18th 2013
Language      : Bahasa Indonesia
Genre            : Non-fiction, Parenting, Disabilities, Autism
Pages             : 128 pages
Goodreads

"Semua orangtua mengharapkan anak yang lucu, cerdas dan sehat. Namun, apa jadinya kalau yang tidak Anda harapkan menjadi kenyataan. Anak pertama dan satu-satunya yang dimiliki ternyata menyandang autisme?


Kekecewaan, kesedihan, dan rasa malu dirasakan. Belum lagi menghabiskan tenaga dan materi yang sangat besar. Apalagi, jika secara ekonomi tidak terlalu memungkinkan. 



Tapi, dengan cinta kasih, kesabaran, dan rasa sayang yang luar biasa. Semuanya menjadi mungkin. Ayah dan ibu dari Fay, seorang penyandang autisme dengan sabar merawatnya. 



Bukan karena, "Yah, mau gimana lagi, kami kan orangtuanya." Tapi karena Fay adalah anugerah.



Kita semua tidak dapat memilih dilahirkan dari orang tua yang mana. Kisah-kisah penuh keceriaan, keharuan, dan menakjubkan dari sebuah keluarga yang anaknya penyandang autis.



Apakah kita bisa memiliki keceriaan dalam kondisi seperti mereka?"



Fay.


Fay is one of many autistic children. Born without a loud crying, she grow up with a behavior that make suspicious thing for their parent. At age 2, Fay diagnosed as an autism. She has going trough ABA therapy, various shadow teacher, and school.


But the thing that make me speechless is the fact that Fay’s parent is so patient with her act (she’s a woman-18 years old-now but her mental age is a “girl”). You can see all of her milestone in her blog (posted by her parent) with same name as the book.

Fay adalah salah satu dari banyak anak autistik. Lahir tanpa tangisan yang keras, ia tumbuh dengan perilaku yang membuat orangtuanya curiga. Pada umur 2 tahun, Fay didiagnosis sebagai penyandang autisme. Lalu, dia melalui terapi ABA, beberapa guru pendamping, dan tentunya sekolah.

Tapi satu hal yang membuat saya tak bisa berkata-kata, adalah kesabaran orangtua Fay dalam menghadapi perilakunya (di masa remajanya-sekarang 18 tahun-ia masih kekanak-kanakan). Kamu bisa melihat perkembangannya di di blog (yang ditulis oleh orangtuanya) dengan nama yang sama dengan bukunya.





About the Book.

Tentang Bukunya.


“Amazing Fay” book is taken from the blog with some editing (Because I already read the blog). I think the way the story writes is beautiful. Yea, beautiful. Not because of the writing, but because of the story itself. (Like I said in previous section of this post.)

Beside the story, some response from her friend and teacher is good, also with photo and creation gallery. The cover is cute enough for a parent story. If you curious with the story you can buy the book or see the blog. (Recommended! ^^)

“Amazing Fay” adalah buku yang diangkat dari blog dengan sedikit pengubahan (karena saya sudah baca blognya). Saya pikir bagaimana cerita ini tertuang dalam tulisan benar-benar indah. Bukan indah dalam bahasanya, tetapi memang ceritanya yang indah. (seperti yang sudah dituliskan di atas.)

Selain ceritanya, respon-respon dari guru dan teman Fay ditulis dengan bagus, lengkap dengan galeri foto dan karya. Covernya juga bagus, gambarnya imut untuk cerita tentang parenting. Kalau kamu penasaran dengan ceritanya, kamu bisa beli bukunya atau baca blognya. (Ini rekomendasi, lho! ^^)

Book star rating : 4 from 5 star.

The Blog.

Tentang Blognya.


I want to review it because the blog is active until now (last post is November 2015). In this blog I find more things about Fay, about her habit (like throwing thing, etc) and her milestone. For writing, is great! It’s really a honest story. One thing I always read is her laugh when her mom is annoyed with her habit. Because it’s interesting.

Saya juga ingin mereview blognya karena blognya masih aktif (Postingan terbarunya adalah November 2015). Di blog ini saya menemukan lebih banyak hal tentang Fay, seperti kebiasaannya (misalnya membuang barang, dan lain-lain) dan perkembangannya. Penulisannya bagus! Benar-benar cerita yang jujur. Satu hal yang paling sering saya baca adalah ketika ia tertawa diatas kekesalan ibunya karena perilakunya. Karena itu menarik.



Happy Birthday, Fay!


I know it’s late, but you’re 18 at February 26th, 2016. I think It’s great to congratulate you a happy birthday. Your (and your parent) struggle is touched my heart. I hope you have a better progress in your life and be the way you are. Because be an autistic doesn’t you’re bad. You’re another great talent in this world. One day, maybe Microsoft (they just developed a pilot recruitment program for autism, I hope Indonesian computer company follow this path.) can hire you in the future, because your computer talent :D

Saya tahu ini sudah telat, tetapi pada 26 Februari 2016 yang lalu, Fay berumur 18 tahun. Saya pikir sangat bagus untuk memberikan ucapan selamat ulang tahun saat ini. Karena perjuanganmu (dan orangtuamu) membuat saya terharu. Saya berharap kamu mengalami perkembangan yang lebih baik dalam hidupmu dan menjadi dirimu sendiri. Karena menjadi seorang autistik bukan berarti dirimu buruk. Kamu adalah seseorang dengan kemampuan yang unik di dunia ini. Suatu hari, mungkin Microsoft (yang sedang mengembangkan program perekrutan untuk autisme, saya berharap perusahaan komputer Indonesia mengikuti langkah ini.) akan merekrutmu karena kemampuanmu dalam memainkan komputer. :D

With love from Padang,

PujP


.........................................................................


#Psychopedia


ABA (Applied Behavior Analysis) : a therapy method used for special needs children. Introduced by Ivar Lovaas (So, it's also called Lovaas model). More on Wikipedia | Wikipedia Bahasa

Shadow teacher : a teacher that help a special need children (usually for autistic child) in an inclusion school.

You May Also Like

0 Psycho-react!