Bingung Beli Paket Internet? Tanya Veronika si Asisten Virtual!

by - March 19, 2021

ruangan kerja dengan laptop menampilkan logo Veronika Asisten Virtual dan jam

Halo semuanya,
Semoga semuanya sehat sehat saja. Saya memiliki rencana untuk blog ini, salah satunya menyisihkan biaya khusus domain dan kuota yang diperlukan untuk riset dan menulis blog. Untuk itu, saya memerlukan nomor dari operator yang sinyalnya bagus baik di daerah maupun kota. Salah satu operator seluler yang memiliki sinyal di hampir seluruh Indonesia adalah Telkomsel. Saya pribadi sudah menggunakan Telkomsel sejak SD sampai saat ini. Pada masa tersebut, Veronika adalah layanan yang biasanya muncul jika kita tidak bisa menghubungi suatu nomor. Masa berubah, fungsi Veronika pun berubah juga.

Asisten Virtual (dan keberfungsiannya)

Masa kini, cukup banyak orang yang terlalu sibuk dengan pekerjaanya sehingga tidak memungkinkan pergi ke satu tempat khusus untuk hal hal yang bahkan penting diluar pekerjaan. Ada juga banyak orang yang terlalu malas keluar rumah, apalagi hanya untuk urusan membeli paket data atau mengurus nomor hilang. Asisten virtual adalah teknologi yang diciptakan untuk membantu dua kaum ini dalam berbagai macam urusan seperti membeli barang dan jasa. Asisten virtual memiliki kemampuan percakapan, seperti menangkap isyarat sosial dan menggunakan nama agar terasa akrab. Karena itu, cukup banyak bidang yang menggunakan asisten virtual, seperti dalam bidang kesehatan dan telekomunikasi.

Veronika sebagai Asisten Virtual

Telkomsel adalah salah satu operator telekomunikasi yang menggunakan asisten virtual. Tadi saya sudah bercerita mengenai Veronika di masa lalu. Nah, mari kita berbicara tentang Veronika di masa kini alias Veronika si asisten virtual Telkomsel. Veronika mulai difungsikan dari tahun 2017 sebagai salah satu sarana untuk layanan jarak jauh Telkomsel. Veronika saat ini menggunakan fitur chatbot yang bisa diakses di berbagai aplikasi kirim pesan seperti WhatsApp, Telegram, Facebook Messenger dan LINE. Veronika juga tersedia di aplikasi My Telkomsel dan web Telkomsel.
 

Butuh Apapun, Tanya Veronika!

Sebagai asisten virtual, Veronika punya banyak fungsi seperti berikut :
  1. Menyediakan informasi tentang layanan Telkomsel. Mulai dari jenis produk yang mereka punya, cara mengaktifkan kartu, dan banyak informasi lainnya. Juga bisa mengecek info umum seperti berapa pulsa yang tinggal, info paket data, maupun masa berlaku kartu.
  2. Pertolongan ketika kartu terblokir PIN dan lupa PUK. Veronika akan menanyakan riwayat panggilan dan hal hal penting yang diperlukan untuk membuka PIN.
  3. Membeli pulsa dan paket apa saja. Kalau bingung dengan pembelian paket lewat aplikasi, bisa tanya Veronika. Nanti akan ditunjukkan berbagai macam paket. Bahkan kadang ketika kita chat dengan Veronika ada promo yang bisa dimanfaatkan, seperti paket Disney+ yang baru baru ini.
  4. Informasi POIN dan tukar POIN. Setiap transaksi di Telkomsel akan diberikan bonus berupa POIN yang akan hangus setiap akhir tahun. POIN bisa ditukar dengan berbagai macam layanan, mulai dari paket internet, voucher menginap di hotel, sampai donasi khusus bencana. Cocok untuk saya yang kadang sering kehabisan kuota internet jika kebanyakan browsing hehe.
  5. Menemukan lokasi GraPARI terdekat. Kalau lagi di luar kota dan perlu ke GraPARI, bisa banget tanya Veronika. Pasti akan ditunjukkan lokasi yang bisa juga dilihat di map.
  6. Kirim Paket Telkomsel ke teman atau keluarga, serta fitur lainnya.

Bagaimana Cara Menghubungi Veronika?

Veronika bisa diakses melalui berbagai platform, caranya sebagai berikut

Veronika Asisten Virtual di aplikasi MyTelkomsel
Tampilan Veronika di aplikasi MyTelkomsel bersama Promo paket Disney+

Aplikasi MyTelkomsel
Buka aplikasi, lalu scroll kebawah sampai menemukan bagian Customer Service, lalu pilih Tanya Veronika. Ketik "hai" untuk memulai percakapan dan "menu" untuk melihat layanan yang dapat diakses.

Tampilan Veronika di website Telkomsel

Web Telkomsel
Pada halaman web, klik gambar Veronika di pojok kanan, isi nama lalu mulai percakapan dengan "hai". Veronika akan menyakan nomormu jadi masukkan nomor dengan benar. Kode One Time Password (OTP) akan dikirim melalui SMS. Masukkan kode OTP, lalu Veronika akan menyapamu. Boleh ketik "menu" untuk melanjutkan percakapan.

Tampilan logo Veronika di Website Telkomsel


Whatsapp, LINE, Facebook Messenger, Telegram
Untuk WhatsApp, akses link berikut. Untuk LINE, tambahkan akun official @Telkomsel. Untuk Telegram, sentuh bagian kolom pencarian lalu ketik "telkomsel_official_bot". Untuk Facebook Messenger bisa melalui link berikut. Ketik "hai" lalu masukkan nomor Telkomsel. Kode OTP akan dikirim melalui SMS. Masukkan kode OTP, lalu Veronika akan menyapamu. Boleh ketik "menu" untuk melanjutkan percakapan.
mencari Veronika di Telegram

Testimoni Menggunakan Fasilitas Tanya Veronika di LINE untuk Membeli Kuota dan Mendapatkan Promo

Kebetulan saya lebih suka menggunakan LINE sebagai aplikasi messenger, jadi saya akan menceritakan bagaimana saya membeli kuota dan melihat promo paket internet yang cocok untuk keperluan blog saya. Respon termasuk cepat, jadi tidak perlu menunggu untuk mendapatkan layanan. Veronika pun juga bisa memberikan rekomendasi paket internet sesuai dengan yang ditanyakan oleh konsumen. Jawaban Veronika yang terkategori chatbot juga cukup natural, kecuali ketika tiba-tiba error ataupun ketika mengetik "batal". Selebihnya serasa punya asisten pribadi yang mengurus pembelian paket internet yang saya butuhkan.

Tampilan Veronika di LINE bersama promo #SupriseDeal

Kebetulan ada promo #SupriseDeal yang biasa ada setiap bulan yang cocok dengan saya yang suka pusing dengan kuota. Pulsa 100.000 rupiah sudah cukup untuk membeli paket unlimitied dengan fair usage policy (FUG) 50GB! Cukup besar bahkan untuk yang suka marathon drama. Jangan lupa transaksi yang dilakukan dengan Veronika memotong pulsa, jadi pastikan untuk mengisi pulsa terlebih dahulu.

Sekarang tak perlu khawatir jika perlu bertanya paket apa yang cocok. Karena bisa Tanya Veronika untuk apapun yang kamu butuhkan!

Regards,

You May Also Like

0 Psycho-react!